Skip to content

Tips Perawatan Genteng Metal Yang Tepat

  • by

Saat ini semakin banyak orang yang berminat untuk menggunakan genteng metal minimalis. Hal ini cukup wajar jika mengingat kelebihan yang ditawarkan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana cara memilih dan merawat atap yang benar.

Pentingnya Memilih Atap Yang Berkualitas

Memilih material bangunan harus dipertimbangkan dengan baik. Terutama dari segi kualitasnya. Hal ini karena ketika menggunakan genteng metal minimalis  yang berkualitas, maka tentunya akan memberikan beragam manfaat, misalnya saja :

  1. Lebih Awet

Ketika anda menggunakan atap yang berkualitas maka keuntungan yang akan anda dapatkan yang pertama adalah awet. Terutama untuk atap metal dimana memiliki sifat anti korosi yang membuatnya lebih tahan lama karena tidak mudah berkarat.

  1. Perawatan Lebih Mudah

Untuk segi perawatan juga akan lebih mudah karena bahan atau material yang berkualitas tentunya lebih minim kerusakan.

  1. Minim Musibah

Selaim minim kerusakan juga akan minim musibah. Mengapa begitu? Tentu saja karena atap metal meskipun bobotnya ringan namun sangat kuat. Sehingga meskipun terkena guncangan atau getaran maka tidak akan mudah rusak atau roboh.

  1. Menghemat Budget

Berkaitan dengan beberapa point diatas, ketika memilih atap berkualitas maka tentunya untuk jangka panjang lebih menguntungkan. Karena minim kerusakan sehingga tidak perlu sering mengeluarkan biaya untuk perbaikan.

Dengan keempat hal diatas, tentu sudah cukup untuk menjadi alasan mengapa ketika ingin memilih jenis atap yang berkualitas, maka atap metal menjadi salah satu jenis atap yang sangat direkomendasikan.

Tips Merawat Atap Metal

Jenis atap sebagus apapun jika tifak dikmbangi dengan perawatan yang tepat, maka tentunya akan menimbulkan banyak masalah. Sama halnya dengan genteng metal minimalis yang juga membutuhkan perawatan terbaik agar bisa awet.

Berikut ini adalah tips merawat atap metal yang tepat agar lebih awet.

  1. Bersihkan Secara Rutin

Membersihkan atap secara berkala menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat atap lebih awet. Hal ini karena atap yang dibiarkan kotor akan menyebabkan tampilan atap menjadi jelek sehingga mengurangi nilai estetika bangunan.

  1. Melakukan Pengecekan Secara Berkala

Pengecekan atap juga perlu dilakukan secara berkala. Hal ini penting agar ketika terjadi kerusakan pada atap bisa segera diperbaiki.

  1. Jauhkan Dari Ranting Pohon

Cara membuat atap lebih awet berikutnya yaitu dengan cara memotong ranting atau dahan pohon disekitar atap. Hal ini bertujuan untuk mencegah agar atap tidak kotor akibat daun – daun yang jatuh serta menghindari tertimpa ranting atau dahan yang akan merusakan atap.

  1. Memberikan Lapisan Pada Atap

Tips perawatan atap metal selanjutnya yaitu memberikan lapisan pada atap. Lapisan ini berfungsi untuk meminimalisir adanya kebocoran pada atap. Sehingga meskipun hujan deras, air tidak akan mudah merembes ke dalam.

  1. Cat Ulang

Atap tak hanya sebatas pelindung bangunan namun juga menjadi salah satu faktor estetika bangunan mengingat letaknya berada dibagian luar. Sehingga sangat disarankan untuk mengecat ulang atap metal anda agar estetikanya tetap terjaga.

Dengan melakukan kelima tips diatas maka akan meminimalisir adanya berbagai macam kerusakan pada atap, sehingga tentunya genteng metal minimalis akan jauh lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *