Skip to content

Kegunaan Listrik Panel Surya

  • by

Listrik panel Surya itu merupakan suatu bentuk kumpulan sel yang mana telah ditata agar lebih efektif ketika menyerap sinar yang ada dari matahari. Selain itu panel Surya mengumpulkan energi yang ada dari matahari serta mengubahnya menjadi listrik. Lalu apa saja kegunaan dari listrik tersebut? Dan apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak artikel berikut ini

Kegunaan listrik panel Surya 

Ketika Anda menggunakan listrik panel surya ada berbagai manfaat yang akan Anda rasakan, seperti:

  1. Dapat menghemat energi listrik 

Adanya kenaikan mengenai tarif listrik menimbulkan dampak khususnya bagi perekonomian serta kesejahteraan yang ada pada masyarakat. Dengan menggunakan panel ini mampu mengurangi tagihan listrik sekitar 50%. Sehingga Anda tidak perlu ribet untuk membayar listrik.

  1. Lebih ramah terhadap lingkungan

Menggunakan sistem ini dapat berfungsi untuk  menjaga kelestarian alam. Energi yang berasal dari matahari ini tergolong sumber energi ramah lingkungan  yang mana tersedia terus menerus ada di alam.

  1. Penerapan listrik yang berasal dari matahari ini mudah untuk diterapkan di Indonesia

Negara Indonesia termasuk negara tropis sehingga penerapan energi ini cocok jika diterapkan di Indonesia, sistem listrik ini dapat diterapkan pada setiap rumah, sehingga dapat menjadi pembangkit listrik.

Selain manfaat dengan menggunakan listrik panel Surya ada berbagai syarat untuk melakukan pemasangan panel tersebut, yaitu:

  1. Mulai perhatikan mengenai lokasi pemasangan

Dalam melakukan pemasangan panel Anda perlu memperhatikan mengenai lokasi untuk memasang panel Surya, biasanya panel Surya biasa dipasang pada atap rumah karena lebih banyak mendapatkan paparan sinar matahari, selain itu Anda juga dapat memperhatikan mengenai penempatan pemasangan panel Anda, akan lebih baik Anda menempatkannya searah dengan garis khatulistiwa sehingga akan lebih mudah terkena sinar matahari.

  1. Pilihlah komponen yang berkualitas

Panel Surya memiliki berbagai komponen yang harus Anda perhatikan sebelum membelinya, Anda perlu memperhatikan mengenai kredibilitas dari penjual komponen panel Surya, hal ini untuk meminimalisir tingkat kerugian yang akan Anda dapatkan. Karena jika Anda gegabah dalam memilih komponen untuk panel Surya akan berpengaruh pada proses instalasi listrik yang mana dapat membahayakan lingkungan sekitar.

Selain itu ada berbagai kelebihan dan kekurangan dari panel Surya yang harus Anda ketahui, berikut adalah berbagai kelebihan yang ada pada panel Surya antara lain:

  1. Mengeluarkan biaya maintenance yang rendah 

Menggunakan panel Surya membutuhkan biaya yang lebih murah, menggunakan panel Surya tidak perlu adanya perawatan karena mampu bertahan selama 30 tahun 

  1. Dijamin aman

Menggunakan panel Surya akan lebih aman jika dibandingkan dengan arus listrik biasa, buktinya panel Surya ini secara manual mampu untuk memanaskan udara.

Selain kelebihan ada berbagai kekurangan antara lain:

a.Tergantung pada cuaca

Menggunakan panel Surya pengoperasiannya memanfaatkan matahari sehingga sangat bergantung dengan sinar matahari yang ada, hal ini akan mempengaruhi aliran listrik yang ada jika cuaca buruk.

  1. Membutuhkan lebih banyak ruang

Memasang listrik panel Surya membutuhkan kapasitas ruang yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *