Skip to content

Mencari Panel Tenaga Surya Untuk Rumah? Berikut Tipsnya.

  • by

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan panel tenaga surya untuk rumah,  tentu tidak boleh asal-asalan dalam memilihnya. Terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk memasang panel tenaga surya. Untuk itu, di bawah ini akan diulas mengenai beberapa tips memilih panel tenaga surya untuk hunian Anda. 

Mempertimbangkan Kebutuhan Energi 

Sebelum membeli panel tenaga surya untuk rumah, Anda sebaiknya memepertimbangkan berapa banyak kebutuhan energi yang dibutuhkan. Untuk menentukan besaran energi tersebut, Anda bisa menghitungnya berdasarkan konsumsi listrik bulanan rumah tangga. 

Memilih Jenis Panel Tenaga Surya Yang Sesuai

Dari sekian banyak jenis panel tenaga surya yang ada, Anda bisa memilih panel jenis monocrystalline. Jenis panel surya ini memiliki harga yang lebih mahal namun sangat sepadan dengan performanya.  

Memilih Merk Panel Tenaga Surya Yang Terpercaya

Saat ini terdapat banyak merek panel tenaga surya yang bisa Anda temukan. Agar tidak salah pilih, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan dari setiap merek panel tenaga surya yang ada. Anda juga bisa meminta rekomendasi dari teman atau kerabat yang telah memasang panel surya di rumahnya. 

Menentukan Ukuran Panel Tenaga Surya

Ketika ingin membeli panel tenaga surya untuk rumah, Anda harus memperhatikan ukurannya. Panel tenaga surya dengan ukuran yang besar tentu saja dapat menghasilkan lebih banyak energi listrik. Selain itu, panel surya berukuran besar juga lebih tahan lama dan mudah dalam proses pemasangannya. 

Memperhatikan Toleransi Suhu

Banyak produk panel tenaga surya memiliki koefisien suhu sebesar -0.2% sampai -0.5% per derajat celcius. Beberapa brand panel surya berkualitas bahkan mampu menahan suhu yang lebih panas tanpa mengalami penurunan kinerja perangkat secara umum. Dengan tingkat toleransi suhu yang tinggi, panel tenaga surya tersebut tentu dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan sistem operasinya. 

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih panel tenaga surya untuk rumah yang bisa Anda ikuti. Semoga tips-tips yang telah diberikan dapat memudahkan Anda dalam mendapatkan panel tenaga surya terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *