Skip to content

Berbagai Jenis Atap Transparan Gelombang yang Populer di Pasaran

  • by

Ingin menggunakan atap transparan gelombang untuk rumah Anda? Pastikan jangan salah memilih tipe yang tepat. Berikut adalah penjelasan beberapa jenis atap transparan yang wajib Anda tahu!

Alderon Transparan

Atap jenis ini merupakan jenis atap semi transparan yang memiliki rongga bergelombang. Atap jenis ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang cocok untuk keperluan jangka panjang.

Banyak orang yang menggunakan jenis atap ini sampai 10 tahun tanpa harus melakukan banyak perbaikan drastis. Jika menyusun tap Alderon dengan tambahan brace pada struktur atap, daya tahannya pasti lebih lama lagi.

Walaupun banyak kelebihan yang ditawarkan, tampilan Alderon tidak sepenuhnya transparan. Bagi yang beli jenis ini hanya akan temukan transparan dengan warna saja dan tidak sepenuhnya clear.

Spandek Transparan

Jenis ini adalah salah satu atap transparan dengan kualitas tinggi. Umur produk ini bisa mencapai beberapa tahun selama dirawat bagi. Bahan ini sangat kuat menghadapi masalah cuaca dan tidak mudah mengalami warping karena panas.

Kelebihan lain jenis Spandek adalah kemampuan meredam suara. Jadi saat hujan lebat, suara benturan hujan di atap tidak akan teralalu berdering seperti pakai bahan atap transparan lainnya.

Solartuff Transparan

Jenis atap transparan gelombang lain yang populer lainnya adalah Solartruff. Atap ini terbuat dari bahan polikarbonat solid yang dikelola hingga memiliki kejernihan tampilan tinggi. Jika dilihat, tampilannya mirip kaca bening saat pertama kali dipasang.

Untuk rumah – rumah yang ingin memperkenalkan cahaya matahari langsung dari atap ke dalam ruangan, jenis ini pas dipilih. Selain mampu mengirimkan cahaya layaknya kaca, struktur bahannya memiliki kemampuan menyerap sinar UV. Hal ini memastikan cahaya yang diteruskan aman.

Sayangnya, karena tampilan dan kemampuan tersebut, atap transparan ini cukup mahal. Coba konsultasikan dengan kontraktor Anda jika ingin pakai atap yang satu ini.

Tempered Glass

Tempered glass adalah jenis atap yang lebih populer digunakan pada gedung besar. Atap ini sering digunakan untuk memantulkan panas cahaya matahari agar tidak masuk ke dalam ruangan. Namun, sebagian cahaya terangnya diteruskan untuk memberi terang secara natural di dalam ruangan.

Penggunaan jenis ini lebih ditujukan untuk memberi perlindungan dan tampilannya. Tempered glass terkenal sangat kokoh dan tidak mudah pecah walaupun terbuat dari kaca. Jika pakai tempered glass dengan grade tinggi, Anda bahkan bisa beli yang anti peluru juga.

Walaupun banyak memberikan kelebihan tersendiri, tempered glass perlu perawatan rutin agar tetap mengkilap dan menarik tampilannya.

Atap Fiberglass Transparan

Atap ini dibuat dari serat fiberglass yang merupakan plastik dengan kekuatan dan daya tahan tinggi. Penggunakan jenis ini umum digunakan untuk mencerahkan rumah ataupun atap taman. Pilihan atap ini sudah sangat umum dan merupakan pilihan budget bagi banyak orang.

Sekian bahasan beberapa jenis atap transparan gelombang yang populer di pasaran. Mudah – mudahan penjelasan di atas membuka wawasan Anda saat memilih atap transparan untuk dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *