Skip to content

Tips Memulai Bisnis Digital Printing

  • by

Apa kamu tertarik untuk menjalankan bisnis digital printing Jakarta? Digital printing merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena banyak bisnis lain dan individu yang memerlukannya untuk berbagai kebutuhan. Contohnya, perusahaan memerlukan jasa digital printing Jakarta untuk keperluan marketing seperti mencetak billboard, dan mahasiswa memerlukannya untuk tugas kuliah.

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis di bidang digital printing, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Tentukan Target Pasar

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan target pasarmu terlebih dahulu. Ada beberapa target pasar yang bisa kamu pilih, termasuk corporate atau perusahaan, retail, atau pemesanan untuk personal. Jika kamu memilih corporate sebagai target pasarmu, ada potensi kamu mendapatkan untung yang besar, terutama jika mendapatkan order dari perusahaan besar.

Namun, tentunya kamu dituntut untuk memberikan kualitas dan pelayanan terbaik. Selain itu, proses pembayaran cenderung lebih lama karena setiap perusahaan memiliki serangkaian birokrasi dan administrasi sebelum mereka bisa mengeluarkan uang. Jika kamu menargetkan pasar retail, pembayaran lebih cepat dan dalam bentuk tunai karena jumlah pesanan mereka cenderung lebih sedikit.

Persiapkan Modal dan Dana Operasional

Usaha digital printing memerlukan modal awal yang cukup banyak karena alat-alat yang digunakan berharga cukup mahal. Setidaknya, kamu harus mempunyai komputer yang dilengkapi dengan fitur sistem grafis serta printer digital yang berkualitas. Harga printer digital bisa dibilang mahal, berkisar antara belasan juta hingga puluhan juta.

Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membeli alat canggih dengan banyak fitur. Pilih saja yang sesuai dengan modal yang kamu punya namun memiliki fitur dasar yang pasti kamu gunakan. Selain modal, kamu juga perlu mempersiapkan dana operasional untuk membeli tinta, media, dan hal-hal lainnya yang mendukung bisnismu.

Pilih Lokasi Bisnis

Pilihlah lokasi bisnis yang terletak di area kampus, kantor, atau area lainnya yang memerlukan jasa digital printing. Printer digital berukuran cukup besar dan lebar, sehingga pastikan tempat yang akan kamu jadikan lokasi bisnis digital printing memiliki luas yang cukup. Selain ruangan untuk melakukan proses produksi, tempat usahamu juga harus memiliki ruangan untuk proses finishing.

Selain itu, kamu harus memasang AC karena printer digital harus digunakan di dalam ruangan dengan suhu antara 20 derajat Celcius hingga 25 derajat Celcius. Kamu juga bisa mempertimbangkan lokasi bisnis digital printing yang dekat dengan vendor atau supplier.

Buat Strategi Promosi

Promosi bisnis adalah hal yang esensial untuk semua jenis bisnis, termasuk bisnis digital printing. Promosi menjadi sangat penting terutama jika kamu baru saja memulai menjalankan bisnis. Banyak strategi promosi yang bisa kamu lakukan. Di era digital ini, memanfaatkan media sosial tidak boleh kamu lewatkan.

Apa kamu siap membuka bisnis digital printing Jakarta?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *