Skip to content

Yuk, Kenali Harga Gigi Palsu Dan Jenisnya!

  • by

Anda berencana memasang gigi palsu? Sudah tahu harga gigi palsu dan jenis-jenisnya? Jika belum, sebaiknya Anda mencari informasi lebih lanjut sebelum melakukan pemasangan gigi palsu. Perlu Anda ketahui, bahwa gigi palsu terdiri dari beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda. Supaya tidak salah pilih, baca ulasan berikut ini sampai selesai.

Jenis Gigi Palsu Berdasarkan Jumlahnya

Jika dilihat dari variannya, ada dua jenis gigi palsu yang terdiri dari gigi palsu lepas dan gigi palsu permanen. Selain itu, gigi palsu juga dibedakan berdasarkan jumlah seperti berikut:

  • Gigi palsu lengkap

Gigi palsu lengkap dibuat khusus untuk menggantikan seluruh gigi yang sudah hilang dan biasanya digunakan oleh lansia. Gigi jenis ini dibuat untuk menggantikan gigi bagian atas, bagian bawah, ataupun keduanya. Gigi jenis ini biasanya lebih banyak digunakan oleh para lansia yang sudah kehilangan semua giginya.

  • Gigi tiruan sebagian

Gigi tiruan sebagian dapat Anda pilih untuk menggantikan satu atau beberapa gigi yang hilang. Umumnya, gigi tiruan sebagian terbuat dari material nilon, plastik, ataupun pelat logam. Harga gigi palsu ini tentunya tidaklah sama dengan gigi palsu lengkap.

Prosedur Pemasangan Gigi Palsu

Proses pemasangan gigi palsu harus melewati beberapa prosedur dan ditangani oleh dokter spesialis. Setidaknya butuh waktu 2-3 minggu sebelum gigi tiruan dapat dipasang di rongga mulut Anda. Prosesnya memang cukup panjang, tergantung dari jenis gigi palsu yang Anda pilih.

Selain itu, sebelum pemasangan gigi palsu, Anda harus melakukan pemeriksaan rongga mulut secara menyeluruh. Selain itu, dokter akan mengambil foto rontgen untuk melihat posisi gigi dan tulang Anda secara detail.

Jika masih ada akar gigi yang tersisa, maka harus dicabut terlebih dahulu sebelum dipasang gigi palsu. Setelah rahang bersih, barulah gigi palsu dicetak sesuai dengan ukuran Anda dan dipasang oleh dokter gigi.

Demikian tadi harga gigi palsu, jenis, dan prosedur pemasangannya. Untuk gigi palsu implan dan lepas, harganya tidaklah sama. Sebab itu, pilihlah jenis gigi palsu yang sesuai dengan budget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *