Skip to content

Proses Pembuatan Besi Hollow Galvanis

  • by

Dikatakan sebagai jenis besi hollow terbaik kedua, hollow Galvanis banyak diincar oleh pekerja konstruksi untuk keperluan pagar atau penyangga kanopi pada garasi rumah.Namun, selain untuk dua keperluan tersebut hollow galvanis juga digunakan untuk beberapa keperluan lain. Adapun proses pembuatan besi hollow galvanis adalah sebagai berikut. 

Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis berasal dari nama dua orang ilmuwan italia, yakni Luigi Galvani dan Allesandro Volta. Mereka adalah dua ilmuwan yang berhasil menemukan sifat-sifat elektrokimia pada seng. Hollow galvanis juga dikenal dengan nama lain pipa hollow jenis galvanis, besi kotak galvanis, dan juga pipa kotak galvanis. 

Hollow jenis ini diketahui dan telah teruji memiliki ketahanan terhadap korosi jauh lebih baik dari hollow hitam. Selain itu, hollow galvanis juga memiliki warna yang lebih cerah dari jenis lain, terutama hollow hitam. Berdasarkan proses dan jenis materialnya, hollow galvanis dibagi menjadi dua yakni, terbuat dari hollow hitam dengan proses hot dip galvanizing dan terbuat dari pelat besi galvanis melalui proses pre galvanizing. 

Proses Pembuatan Hollow Galvanis Hot Dip Galvanizing (HDG)

Metode yang digunakan dalam proses pembuatan galvanis jenis ini adalah dengan mencelupkan besi ke dalam kolam seng bersuhu tinggi. Hal inilah yang membuat metode ini membutuhkan penampang besar dan tebal untuk menahan panas. Hollow galvanis yang dibuat menggunakan metode ini memerlukan bahan baku hollow hitam dengan penampang yang tebal dan besar 

Proses Pembuatan Hollow Galvanis Pre Galvanizing

Jadi, sebelum memasuki proses hot dip galvanizing, lembaran pelat besi hitam terlebih dahulu dibentuk menjadi besi hollow hitam. Baru setelah itu hollow hitam masuk pada proses galvanisasi dengan metode galvanizing atau merendam dengan kondisi besi sudah dibersihkan terlebih dahulu. Proses yang demikian dilakukan pada suhu tinggi yakni antara 440 s/d 460 derajat celcius. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa oksidasi yang masih tersisa walau sudah dibersihkan. 

Demikian informasi terkait proses pembuatan besi hollow galvanis, salah satu jenis hollow yang banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan pagar atau penyangga kanopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *