Skip to content

Sebelum Pasang, Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Solar Panel Listrik Rumah!

  • by

Belakangan, solar panel listrik rumah banyak digunakan. Selain menawarkan hunian modern yang dapat meningkatkan nilai rumah itu sendiri, solar panel juga dapat memanfaatkan serapan cahaya matahari menjadi energi listrik. 

Jika Anda ingin menggunakan solar panel, yuk simak ulasan tentang kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Kelebihan Solar Panel 

  1. Ramah Lingkungan 

Matahari adalah sumber energi yang dapat terbarukan.  Selain itu, penggunaan panel surya juga tidak menimbulkan gas rumah kaca atau mencemari air. 

Saat bekerja, panel surya juga tidak membutuhkan air untuk mendinginkan dan tidak bersuara. Dengan tidak adanya polusi, Anda dapat dengan nyaman menggunakannya. 

  1. Tagihan Listrik berkurang

Penggunaan panel surya dapat memenuhi kebutuhan listrik di rumah Anda. Menurut fakta di lapangan, tagihan listrik dapat berkurang hingga 50%. 

Hal ini dapat membuat Anda menghindari pemakaian listrik di jam-jam sibuk yang menyebabkan tagihan listrik membengkak.  

  1. Aman dari pemadaman 

Permintaan listrik di Indonesia terus meningkat yakni menembus 10-15% per tahun. Namun, tingginya permintaan tidak dibarengi dengan pembangunan pembangkit listrik maksimal. 

Kapasitas listrik yang belum memenuhi kebutuhan sering kali menyebabkan pemadaman listrik di beberapa daerah. Namun dengan penggunaan panel surya, Anda dapat terhindarkan dari risiko pemadaman listrik tersebut. 

  1. Biaya perawatan rendah 

Pada umumnya, panel surya tidak membutuhkan banyak perawatan karena tidak ada bagian yang bergerak. Namun, Anda perlu memastikan kebersihan panel surya agar performa tetap prima. 

Selain itu, panel surya sendiri memiliki garansi yang relatif lama, yakni 20-30 tahun.Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra jika terjadi masalah. 

Kekurangan Solar Panel 

  1. Biaya pemasangan yang mahal 

Biaya awal pemasangan panel surya tidak terbilang murah. Kisaran biayanya mulai dari 14 juta-17 juta per kWh, namun tergantung pada kapasitas. 

  1. Area pemasangan yang luas 

Selain biaya, Anda juga perlu memperhitungkan area yang digunakan untuk pemasangan panel surya, Hal ini disebabkan banyaknya listrik yang dihasilkan sangat bergantung pada luas area yang mengumpulkan sinar matahari. 

  1. Bergantung dengan cuaca 

Panel surya membutuhkan sinar matahari untuk mengumpulkan energi. Oleh karena itu, ketika cuaca mendung dan hujan maka efisiensi konversi energi pada panel surya pun akan berkurang. 

Itu dia kelebihan dan kekurangan pemasangan solar panel listrik rumah. Apakah anda tertarik untuk memasangnya? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *