Skip to content

Mengenal Panel Surya Atap, Bagaimana Cara Kerjanya?

  • by

Saat ini, panel surya atap telah mulai banyak digunakan di kota besar sebagai salah satu sumber energi. Kebanyakan, energi yang dihasilkan oleh panel surya atap akan dipakai untuk menghasilkan listrik yang digunakan untuk menyalakan lampu jalanan serta mesin irigasi.

Supaya bisa menambah wawasan Anda tentang salah satu sumber energi yang tengah digunakan saat ini, Kami akan ajak Anda untuk mengenal apa itu panel surya atap.

Apa Itu Panel Surya Atap?

Panel surya atap merupakan sebutan untuk sekumpulan sel surya. Sel surya tersebut akan ditata menjadi berbentuk atap supaya bisa menyerap sinar matahari secara efektif. Panel surya atap terbuat dari bahan semikonduktor.

Proses penyerapan sinar matahari sendiri dilakukan oleh sel surya, yang terdiri atas berbagai macam komponen yang bisa mengubah cahaya menjadi listrik. Istilah untuk komponen yang memiliki kemampuan tersebut adalah photovoltaic.

Beberapa contoh komponen dari sel surya adalah metal,semikonduktor, strip konduktor metal dan juga anti reflektif.

Bagaimana Cara Kerja Panel Surya Atap?

Cara kerja dari panel surya atap bisa dibilang cukup sederhana dimana saat jumlah sel surya semakin banyak, maka akan semakin banyak juga energi dari matahari yang bisa diubah menjadi energi listrik.

Proses tersebut dimulai dari sebuah partikel kecil bernama Foton yang ada di dalam sel surya. Partikel Foton kemudian akan menghantam atom semikonduktor sel surya sampai dapat menghasilkan energi besar.

Energi tersebut kemudian akan membantu memisahkan antara elektron dan juga struktur atom. Lalu, elektron yang telah terpisah tersebut akan bergerak bebas sampai atom kehilangan elektron yang dikandungnya dan memiliki hole berisi muatan positif.

Siapa Saja Pengguna Dari Panel Surya Atap?

Meskipun telah disebutkan kalau panel surya atap banyak digunakan pada sistem irigasi dan lampu jalanan, tetapi panel surya atap juga telah mulai digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari bisnis, pemerintah, sosial sampai rumah tangga.

Itulah informasi perkenalan dengan panel surya atap untuk Anda, semoga bisa memberi manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *